Aset Desa Kemoneng

Aset Berharga Desa Kemoneng


Desa Kemoneng, merupakan salah satu desa yang letaknya diujung selatan kecamatan Tragah, kabupaten Bangkalan. Terdiri dari 4 dusun, desa Kemoneng dipimpin oleh Klebun atau kepala desa, Mohammad Holik.
Potensi yang menjadi unggulan dari Desa Kemoneng adalah keberadaan bukit batu bernama bukit Andjir.
Untuk bukit Andjir sendiri, sejauh ini warga setempat belum ada tindakan yang lebih lanjut untuk mengelolanya sebagai destinasi wisata alam. Padahal jika dianalisis lebih lanjut, bukit Andjir ini menghadirkan banyak pemandangan yang indah sekaligus menjadi spot foto bagi para pengunjung.
Tidak kalah indahnya dengan bukit kapur yang terletak di Jeddih, Bangkalan. Bukit Andjir pun jika dikelola dengan baik dari segi kebersihan, kerapian, dan ketertiban, maka tidak dapat dipungkiri akan banyak pengunjung yang datang. Bukit ini tidak hanya memberikan keindahan bagi yang mengunjunginya, namun juga dapat menjadi aset desa yang dapat menambah pendapatan desa serta membuka lapangan usaha bagi penduduk Desa Kemoneng.
“Jika teman-teman mahasiswa siap. Saya siap mengalokasikan anggaran dana khusus untuk pembangunan bukit Andjir menjadi tempat wisata,” ungkap Mohammad Holik, selaku Kepala Desa Kemoneng, Kecamatan Tragah, Kabupaten Bangkalan, saat dilakukan musyawarah bersama masyarakat, tokoh agama, dan seluruh Kepala Dusun oleh mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 108 Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Sabtu, 21 Juli 2018.
“Kalau masalah kebutuhan bahan dan tenaga, insyaAllah masyarakat sekitar pasti mendukung,” sambung Moh Holik diikuti gelak tawa seluruh yang hadir dalam musyawarah tersebut.
Pengelolaan bukit Andjir sebagai destinasi wisata dapat membantu warga setempat untuk memperoleh tambahan keuangan serta sebagai pasar bagi usaha-usaha rumahan masyarakat setempat.
“Kalau bukit itu mulai ramai pengunjung, maka warga kita juga dapat membuka usaha seperti warung-warung kecil disana,” ujar salah satu warga.

Gambar Musyawarah dengan tokoh dan perangkat desa mengenai bukit andjir

 Sumber : Mohammad Holik (Kepala Desa)

Penulis : TIM KKN

Di Juli 22, 2018.


Komentar

Posting Komentar