Bersatu Bersama Karang Taruna

Konsolidasi Bersama Karang Taruna Untuk Persiapan Perayaan HUT RI Ke 73


            Salah satu indikasi yang dapat dijadikan tolok ukur tingkat keaktifan suatu desa adalah dengan melihat keaktifan warga desanya, khususnya pemuda.
            Sebagaimana diketahui oleh kelompok KKN 108 Universitas Trunojoyo Madura yang bertempat di Desa Kemoneng, Kecamatan Tragah, Kabupaten Bangkalan, merupakan desa dengan tingkat keaktifan pemudanya yang cukup baik.
            “Disini Karang Taruna terbentuk di masing-masing dusun, dan pemuda-pemudanya juga antusias saat diajak memeriahkan hari-hari nasional,”  ungkap Asmar selaku Ketua Karang Taruna.
            Untuk memeriahkan event HUT RI Ke 73, teman-teman KKN 108 mencoba melakukan koordinasi dengan Karang Taruna Desa Kemoneng pada tanggal 23 Juli 2018 yang bertujuan menjalin kerja sama dalam mewujudkan niatan tersebut. Hal ini akan menjadi simbiosis mutualisme antara KKN dengan Karang Taruna, karena akan meringankan pekerjaan masing-masing pihak.
            Bertempat dirumah Ketua Karang Taruna, rapat koordinasi tersebut membahas beberapa hal penting, termasuk soal Pembangunan Bukit Andjir sebagai tempat wisata yang menjadi program kerja unggulan kelompok KKN 108. Yang rencananya akan dikerjakan secara gotong-royong bersama warga desa dan anggota Karang Taruna.
            “Kami dari Karang Taruna insyaAllah siap jika diajak kerjasama dengan teman-teman KKN untuk membangun bukit Andjir sebagai tempat pariwisata,” ujar Zainul sekretaris Karang Taruna. Hal itu merupakan respond yang sangat positif bagi kami untuk menentukan langkah selanjutnya,
            Musyawarah pada malam itu juga berlangsung dengan pembahasan mengenai agenda-agenda perlombaan yang akan dilombakan pada rangkaian acara memperingati HUT RI Ke 73 di Desa Kemoneng. Kemungkinan rangkaian acara HUT RI tersebut akan diisi dengan beberapa macam perlombaan, mulai dari yang bersifat edukasi, sosial, hingga seru-seruan.
            “Rangkaian acara HUT RI merupakan agenda tahunan ynag dilaksanakan oleh desa kami, ujar Asmar. Dan dikoordinatori langsung oleh temen-temen Karang Taruna.” tegasnya pada saat musyawarah.
            Musyawarah tersebut merupakan tahap awal dari kerjasama KKN 108 dan Karang Taruna. Hasil akhir dari rapat tersebut adalah membentuk kepanitiaan serta penangung jawab pada masing-masing lomba. 

Penulis : TIM KKN 108 UTM

Komentar