Persiapan Menyambut Hari Kemerdekaan RI

Persiapan Menyambut Hari Kemerdekaan RI


Pelatihan gerak jalan di SDN Kemoneng
Dalam rangka memperingati HUT  RI yang ke 73 berbagai kegiatan dilaksanakan untuk memeriahkannya. Salah satu kegiatan yang rutin dilaksanakan adalah perlombaan gerak jalan. Lomba gerak jalan ini diikuti oleh seluruh SD yang berada di Kecamatan Tragah yang akan dilaksanakan pada bulan Agustus. Dengan semangat yang tinggi mereka berdiri tegap dibawah teriknya matahari, dengan seragamnya masing-masing dan yel-yel yang dipersiapkan sebelumnya, siap menunjukkan bahwa mereka adalah yang terbaik.
SDN Kemoneng mengikuti perlombaan gerak jalan ini dengan mengirimkan dua regu, satureguputra dan satureguputridenganjumlah 17 siswa per regu. Dengan mengikuti ketentuan yang telah ditetapkan oleh panitia perlombaan, para siswa telah melakukan latihan gerak jalan dengan semangat yang tinggi agar nantinya dapat mendapat juara dalam lomba ini. Tahap awal yang dilakukan di SDN Kemoneng adalah tahap penyeleksian siswa-siswinya untuk menentukan yang mana yang layak diikutkan dalam perlombaan ini. Siswa-siswi yang terpilihlah yang akan berjuang nantinya diperlombaan. Dalam tahap seleksi ini, kelompok KKN 108 membantu dalam menyeleksi dan juga melatih siswa-siswi.
Setelah tahap seleksi selesai, dan regu sudah terbentuk akan ada penentuan pemimpin barisan dan wakilnya. Setelah itu, akan dilaksanakan latihan-latihan oleh regu yang telah terbentuk guna menambah kekompakan dan keutuhan tim saat perlombaan berlangsung. Latihan tersebut akan terus berlangsung selama perlombaan belum dilaksanakan. Latihan dilakukan dengan mengambil sedikit jam pelajaran siswa serta pada saat jam istirahat berlangsung. Dengan melakukan latihan yang rutin dan disiplinakan terbentuk kekompakan dan kekuatan fisik yang baik dengan didampingi oleh guru atau staf yang ditunjuk oleh pihak sekolah.

Perlombaan ini dimaksudkan untuk menumbuhkan semangat nasionalisme pada generasi muda. Meskipun dengan waktu yang singkat, siswa-siswi begitu antusias mengikuti perlombaan gerakjalan ini dan berharap dapat memenangkan perlombaan dan membawa nama baik sekolahnya masing-masing.

Penulis : TIM KKN 108 UTM

Komentar