POTENSI DESA KEMONENG

RAGAM POTENSI DESA KEMONENG


Desa Kemoneng merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Tragah Kabupaten Bangkalan, Desa Kemoneng terdiri dari empat dusun yaitu Dusun Dheleman, Dusun Sebunter, Dusun Ra’as dan Dusun Masjid. Desa Kemoneng memiliki beberapa potensi yang bagus untuk dikembangkan yaitu potensi di sektor pertanian, peternakan, pendidikan, sosial budaya dan potensi alam.
Sektor pertanian Desa Kemoneng memiliki tanaman yang dapat dikembangkan sehingga dapat meningkatkan kondisi perekonomian masyarakat. Yaitu padi, jagung, singkong dan kacang. Kemudian dari sektor peternakan meliputi peternak sapi, kambing, ayam, ikan lele dan bebek.
“Dari segi ekonomi, mata pencaharian masyarakat Desa Kemoneng sangat beragam, mulai dari bekerja sebagai pedagang, kuli bangunan, guru dan mayoritas masyarakatnya bekerja sebagai penambang batu kapur dan petani”. Ungkap bapak Muhamad Kholik selaku Kepala Desa Kemoneng.
Kemoneng juga memiliki lembaga pendidikan formal mulai dari TK, SD/MI, SMP hingga SMK. Dengan adanya beberapa lembaga pendidikan tersebut, sebagai salah satu bentuk kepedulian pemerintah setempat bertujuan untuk memajukan pendidikan yang ada di Desa Kemoneng dan mencetak generasi bangsa yang dapat diharapkan ke depannya.
Kondisi sosial budaya masyarakat Desa Kemoneng memiliki nilai-nilai yang sesuai dengan masyarakat Madura saat ini, hal ini dapat dilihat dari budaya pengajian yang dilakukan setiap satu Minggu sekali. Dari kondisi masyarakatnya juga sangat terbuka dan memiliki sikap yang ramah jika ada pendatang dari luar Madura, masyarakatnya memiliki solidaritas dan gotong-royong yang tinggi untuk saling membantu ketika ada kegiatan baik di desa maupun kegiatan lainnya.
“Tradisi pengajian ini dilakukan setiap satu Minggu sekali di salah satu rumah warga. Selain untuk memperbaiki dalam hal spiritual, hal ini dilakukan sebagai bentuk silaturrahim dan untuk meningkatkan kerukunan antar warga Desa Kemoneng”. Ungkap Ibu Muslimaini, istri Kepala Desa Kemoneng.
Selain beberapa potensi di atas, potensi unggulan yang ada di Desa Kemoneng yang sangat bagus untuk dikembangkan sebagai salah satu destinasi pariwisata yaitu bukit Andjir. Jika dilihat dari kondisi bukit Andjir memang memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin berkunjung, baik wisatawan dari dalam maupun wisatawan dari luar. Potensi alam yang bagus dan dengan adanya masyarakat yang siap membantu dan mendukung dalam pengembangan pariwisata tersebut, maka akan tercipta salah satu destinasi pariwisata baru yang ada di Desa Kemoneng sesuai dengan salah satu program kerja unggulan KKN kelompok 108 Universitas Trunojoyo Madura tahun ajaran 2017/2018.

Penulis : TIM KKN 108 UTM

Komentar