SURGANYA KEMONENG


SURGANYA KEMONENG


Desa Kemoneng Kecamatan Tragah Kabupaten Bangkalan memiliki beberapa potensi yang bagus untuk dikembangkan, salah satunya adalah potensi alam bukit Andjir sebagai destinasi pariwisata. Keindahan bukit Andjir memang sudah banyak diketahui oleh masyarakat sekitar, sehingga banyak yang berkunjung meskipun hanya sebatas menikmati pesona alam dari atas bukit maupun melihat sunrise dan sunset. Selain itu kita juga dapat melihat keindahan Desa Kemoneng dan sekitarnya, jika melihat ke arah Selatan maka kita dapat melihat wilayah Surabaya yang indah.
Pesona bukit Andjir lainnya yang menarik adalah dengan adanya goa yang bernama Gulabheng terletak di tengah-tengah bukit, di dalam goa tersebut memiliki daya tarik sendiri bagi para wisatawan yang berkunjung. Selain keindahan bentuk goa yang berbentuk stalakmit dan stalaktit, yang menjadi ciri khas lainnya adalah adanya kelelawar yang tinggal di dalam goa tersebut, ini merupakan salah satu bentuk keunikan wisata bukit Andjir yang berbeda dari wisata lainnya.

Bukit Andjir awal mulanya merupakan tempat yang digunakan untuk menambang batu oleh sebagian masyarakat Desa Kemoneng, sehingga sisa dari hasil tambang batu tersebut memiliki nilai-nilai seni keindahan yang bagus untuk dijadikan sebagai objek spot foto. Potensi alam tersebut sampai saat ini belum dapat dimanfaatkan oleh masyarakat karena belum adanya campur tangan dari pihak pemerintahan setempat. Kepala Desa Kemoneng sendiri memiliki keinginan yang kuat untuk memajukan desa menjadi salah satu destinasi wisata yang dikenal oleh wisatawan baik dari dalam maupun dari luar.
Menurut Kepala Desa Kemoneng bapak Muhammad Kholik sendiri siap untuk membantu mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 108 Universitas Trunojoyo Madura dalam mensukseskan program kerja unggulan yang telah diusulkan, yaitu menjadikan bukit Andjir sebagai salah satu destinasi pariwisata yang tidak kalah indahnya dengan bukit Jeddih yang ada di Bangkalan.
Sesuai dengan tema Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Trunojoyo Madura tahun 2018 yaitu mengenai “Pariwisata dan Pangan” kelompok KKN 108 Universitas Trunojoyo Madura siap melakukan pengembangan pariwisata bukit Andjir sebagai upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa Kemoneng Kecamatan Tragah Kabupaten Bangkalan.
Dengan adanya pariwisata tersebut, maka dapat meningkatkan kondisi perekonomian dan menambah lapangan pekerjaan masyarakat. Karena masyarakat sekitar dapat membuka usaha kecil seperti makanan dan cindera mata yang dapat dijadikan oleh-oleh khas Desa Kemoneng. Keinginan untuk menjadikan Desa Kemoneng sebagai desa wisata juga perlu adanya peran serta dari masyarakat dan pemerintah setempat, karena tanpa adanya partisipasi dari mereka sebuah program tidak akan dapat berjalan dengan baik.

Penulis : TIM KKN 108 UTM

Komentar