DEMOGRAFI DESA KEMONENG

DEMOGRAFI


LETAK GEOGRAFI
Kemoneng adalah sebuah desa yang berada di Kecamatan Tragah, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, Indonesia. Desa Kemoneng secara geografis terletak di koordinat 112 ̊ 48’ 10”-112 ̊ 48’ 9” BT dan 7 ̊ 6’ 42”-7 ̊ 7’ 38.9” LS. Angka curah hujan rata-rata sebesar 4.125 mm/perbulan, dengan curah hujan terendah terjadi pada bulan Juni - Agustus. Berbicara mengenai iklim, Desa Kemoneng memiliki iklim yang sama dengan iklim keseluruhan Kabupaten Bangkalan, yaitu iklim tropis dengan dua musim yaitu musim hujan yang terjadi antara Bulan November - April dan musim kemarau yang terjadi antara Bulan April - November. Desa Kemoneng berbatasan dengan Desa Soket Laok di sebelah utara dan timur, Desa Bringin di sebelah selatan dan Desa Alang-alang di sebelah barat.
Secara administratif Desa Kemoneng terletak ± 5 km dari Kecamatan Tragah dengan lama jarak tempuh ± 25 menit. Sedangkan jarak dari Kabupaten Bangkalan ± 24 km yang ditempuh dalam waktu ± 1 jam dengan kendaraan baik sepeda motor maupun kendaraan beroda 4.
Jumlah dusun di Desa Kemoneng ada empat, yaitu Dusun Masjid, Dusun Ra’as, Dusun Sebunter dan Dusun Deleman. Keadaan tanah Desa Kemoneng secara keseluruhan berupa tanah mediteran merah. Sehingga tanah tersebut tergolong tanah yang sangat subur untuk bercocok tanam.


KEPENDUDUKAN

Berdasarkan data Kecamatan Tragah, Jumlah penduduk di Desa Kamoneng adalah 2.983 yang terdiri dari 1.545 laki-laki dan 1.438 perempuan. Sedangkan luas wilayah Desa Kamoneng sebesar 1,02 km2. Luas yang ada dibagi dalam beberapa kategori, diantaranya untuk pemukiman sebesar 122 Ha; pertanian sawah sebesar 9 Ha; ladang/tegalan sebesar 161 Ha; perkantoran sebesar 0,25 Ha; sekolah sebesar 0,75 Ha; jalan sebesar 80 Ha dan lapangan sepak bola sebesar 1 Ha.

Penulis : Tim KKN 108

Komentar